KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (70) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

07 July 2017

Idrus Bin Harun, Perupa Aceh Lolos Seleksi Pameran Seni Rupa Kemendikbud

Idrus Bin Harun dengan latar lukisannya saat mengikuti Jakarta Beinnale 2015 di Jakarta | koleksi foto Idrus Bin Harun



BANDA ACEH - Idrus Bin Harun, Perupa Aceh lolos  seleksi Pameran Besar Seni Rupa ke 5 Tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada September nanti di Taman Budaya Provinsi Maluku, Ambon. Informasi itu disampaikan melalui laman kebudayaan.kemdikbud.go.id pada 5 Juli 2017.

Idrus Bin Harun saat ini  merupakan satu-satunya Seniman Rupa Aceh yang lolos seleksi ajang pameran tahunan tersebut. Provinsi Aceh masih kekurangan satu orang Perupa lagi, sebab menurut panitia, setiap provinsi akan diwakili oleh dua orang Perupa.

Kegiatan pameran tersebut diikuti oleh berbagai perupa tanah air sejak dibuka pendaftaran karya April hingga Juni 2017. Calon peserta pameran mengirimkan karyanya beserta portofolionya dari seluruh Indonesia.

Idrus Bin Harun, saat dijumpai di Ruang Studi Jamaah (RSJ) markas Komunitas Kanot Bu menyebutkan, karyanya yang berjudul Bunga Tidur itu dikirim jelang hari penutupan pendaftaran.

Lukisan Bunga Tidur itu dilukis di atas kanvas  berukuran 80cm x 120 cm yang menarasikan tentang panjangnya angan-angan seorang pemalas. Ia menyelesaikan karyanya disela-sela kesibukannya di bulan puasa ramadan 1438 H.

"Dalam lukisan itu, saya menghadirkan multiobjek dari kenderaan lapis baja sampai pesawat terbang. Fokus dari lukisan itu adalah orang tidur. Saya pikir, semua kita punya angan-angan, tapi bek cet langet,” sebut Perupa Aceh ini yang pernah memamerkan karyanya di Jakarta Bainnalle 2015.

Idrus kini sedang menunggu dihubungi oleh pihak kementerian untuk proses administrasi keberangkatan ke Ambon. Panitia Pameran Besar Seni Rupa 2017 Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud masih menunggu  pengusulan karya dari seniman rupa  untuk beberapa provinsi yang pesertanya masih kurang,  akan diberikan waktu sampai tanggal 12 Juli 2017, Aceh termasuk salah satu diantaranya [acehnews.co]

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. raja889 agen SBO game online terbaik dan terpercaya.
    ada banyak game menarik yang bisa kalian mainkan seperti sportsbook, casino, bola tangkas, dan TGL.
    bergabung bersama kami, kalian akan diberikan banyak bonus seperti :
    - Bonus New Member
    - Bonus Registrasi
    - Bonus Referral
    - Bonus Deposit
    - Bonus Withdraw
    - Bonus Turnover
    - Bonus Cashback dan masih banyak bonus - bonus lainnya!

    Ayo segera daftarkan diri kalian dan mainkan game nya di situs kami, raja889.

    ReplyDelete